SILABUS DAN SAP
Mata Kuliah :
Administrasi dan Supervisi Pendidikan
Program Studi :
PAI
Kode Mata Kuliah :
Jumlah SKS :
2 (dua)
Semester :
IV
Dosen : Sumanto, M. Pd.I
Deskripsi mata kuliah:
Mata Kuliah Administrasi dan Supervisi Pendidikan
merupakan mata kuliah keahlian kependidikan. Mata kuliah ini merupakan ilmu untuk
mengembangkan penyelenggaraan dan pelayanan pendidikan, khususnya untuk
meningkatkan dan memantapkan kegiatan administrasi dan Supervisi pendidikan,
maka melalui mata kuliah ini akan lebih dipahami konsep administrasi dan Supervisi pendidikan.
Sebagai tenaga profesional, ilmu administrasi dan Supervisi pendidikan merupakan hal yang mutlak
dimiliki para calon tenaga kependidikan dan guru dalam rangka meningkatkan
efisiensi dan efektifitas serta produktivitas kerja, aktivitas dalam satu
organisasi, unit kerja maupun kelompok tertentu yang diarahkan untuk mencapai
suatu tujuan. Ilmu administrasi pendidikan dapat dimanfaatkan untuk mendayagunakan
SDM di samping sumber daya lain agar mencapai hasil yang optimal.
Standar Kompetensi:
Mahasiswa memahami seluk beluk Ilmu
Administrasi dan Supervisi Pendidikan dan mengaplikasikan dalam kegiatan administrasi dan Supervisi pendidikan.
Indikator:
1. Mendeskripsi
tujuan dan manfaat administrasi dan supervisi pendidikan.
2. Mendeskripsikan
Manajemen
dan Administrasi administrasi pendidikan
3. Menjelaskan pengertian supervisi dalam pendidikan
4. Menjelaskan manfaat supervisi pendidikan
5. Memahami jenis-jenis supervisi dalam pendidikan
Meteri Pokok:
1.
Manajemen dan Administrasi Pendidikan (Iin Hanifah, Riko)
2.
Administrasi Pendidikan dan Administrasi Sekolah (Sinta, Alhudori)
3.
Skope Administrasi Pendidikan & Fungsi-fungsi Pokok Administrasi
Pendidikan(Nurrois, Devi)
4.
Kepemimpinan dalam Pendidikan (Heri, Mua’adzah)
5.
Pendekatan dan Model Kepemimpinan(Muslimin, Ridwan, Susi)
6.
Tipe atau Gaya Kepemimpinan
7.
Supervisi dalam Kependidikan & Fungsi-fungsi Supervisi
(Muslimin, Ridwan, Susi)
8.
Jenis-jenis Supervisi
9.
Kepala Sekolah Sebagai Administrator
10.
Kepala Sekolah Sebagai Supervisor
11.
Guru dan Administrasi Pendidikan
12.
Organisasi Sekolah
Penilaian:
1.
Keaktifan dan kehadiran = 10 %
2.
Tugas Terstruktur = 20 %
3.
MID = 30 %
4.
UAS = 40 %
Referensi:
Ngalim Purwanto, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, (Bandung:
PT. Remaja Rosda Karya, 2010)
Ahmad Rohani Abu Ahmadi. Pedoman
Penyelenggaraan Administrai Pendidikan Sekolah. Bumi Aksara, Jakarta
Muh Rifa’i. Administrasi Pendidikan dan
Supervisi Pendidikan. Jemmars, Bandung
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Pengalaman Pembelajaran
|
Materi
|
Waktu
|
Alat, Sumber, dan Bahan
|
Kelompok
|
I
|
Memahami cakupan,
tujuan, dan manfaat administrasi dan Supervisi pendidikan.
|
Setelah pembelajaran
mahasiswa dapat:
- Mendeskripsi
tujuan dan manfaat administrasi dan supervisi pendidikan.
|
- Mengkaji
orientasi administrasi dan supervisi pendidikan.
|
Pengertian
Administrasi dan Supervisi Pendidikan
|
1 x 100’
|
Ahmad Rohani Abu
Ahmadi. Pedoman Penyelenggaraan Administrai Pendidikan Sekolah. Bumi
Aksara, Jakarta.
|
|
II
|
Memahami Manajemen dan
Administrasi
administrasi pendidikan,
|
Mendeskripsikan Manajemen dan
Administrasi
administrasi pendidikan,
|
Membahas tentang Manajemen dan
Administrasi
administrasi pendidikan,
|
-
Manajemen dan Administrasi administrasi pendidikan.
|
1 x 100’
|
Muh Rifa’i. Administrasi
Pendidikan dan Supervisi Pendidikan. Jemmars, Bandung.
|
|
III
|
Memahami Skop/Bidang Garapan
Administrasi Pendidikan.
|
Mendeskripsikan
Skop/Bidang Garapan Administrasi.
|
Membahas Skop/Bidang
Garapan Administrasi Pendidikan,
|
-Skop/Bidang
Garapan Administrasi Pendidikan,
|
1 x 100’
|
Muh Rifa’i. Administrasi
Pendidikan dan Supervisi Pendidikan. Jemmars, Bandung.
|
|
IV
|
Memahami
Kepemimpinan dalam Pendidikan, dan dimensi-dimensi kepemimpinan dalam
pendidikan
|
Menjelaskan Kepemimpinan
dalam Pendidikan, dan dimensi-dimensi kepemimpinan dalam pendidikan
|
Mendiskusikan Kepemimpinan
dalam Pendidikan, dan dimensi-dimensi kepemimpinan dalam pendidikan
|
-
Pengertian kepemimpinan dalam
pendidikan
-
Dimensi-dimensi kepemimpinan
dalam pendidikan
|
3 x 100’
|
Muh Rifa’i. Administrasi
Pedoman penyelenggaraan
sekolah bertaraf nasional, internasional, unggulan, terpadu, akseleraasi Pendidikan
dan Supervisi Pendidikan. Jemmars, Bandung.
|
essay
|
V
|
Memahami Gaya
Kepemimpinan dan sifat-sifat kepemimpinan
|
Menjelaskan Gaya-gaya
Kepemimpinan dan sifat-sifat kepemimpinan
|
Mendiskusikan Gaya-gaya
Kepemimpinan dan sifat-sifat kepemimpinan
|
Gaya-gaya
Kepemimpinan dan sifat-sifat kepemimpinan
|
3 x 100’
|
Muh Rifa’i. Administrasi
Pendidikan dan Supervisi Pendidikan. Jemmars, Bandung.
Jilid I & II.
|
essay
|
VI
|
Memahami
supervisi dalam kependidikan
|
Menjelaskan supervisi
dalam kependidikan
|
Membahas supervisi
dalam kependidikan
|
-
Pengertian supervisi
-
Fungsi-fungsi supervisi
-
Jenis supervisi
|
3 x 100’
|
Muh Rifa’i. Administrasi
Pendidikan dan Supervisi Pendidikan. Jemmars, Bandung.
Jilid I & II.
|
essay
|
VII
|
Memahami
Kepala sekolah sebagai administrator
|
Menjelaskan Kepala
sekolah sebagai administrator
|
Membahas Kepala
sekolah sebagai administrator
|
-
Membuat perencanaan
-
Menyusun organisasi sekolah
-
Bertindak sebagai koordinator
dan pengarah
|
|
|
|
Referensi
Ahmad Rohani Abu
Ahmadi. Pedoman Penyelenggaraan Administrai Pendidikan Sekolah. Bumi
Aksara, Jakarta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar