Kamis, 17 Maret 2016

SILABUS DAN SAP



SILABUS DAN SAP

Mata Kuliah                            : Administrasi dan Supervisi Pendidikan
Program Studi                         : PAI
Kode Mata Kuliah                  :
Jumlah SKS                            : 2 (dua)
Semester                                  : IV
Dosen                                      : Sumanto, M. Pd.I

Deskripsi mata kuliah:
                        Mata Kuliah Administrasi dan Supervisi Pendidikan merupakan mata kuliah keahlian kependidikan. Mata kuliah ini merupakan ilmu untuk mengembangkan penyelenggaraan dan pelayanan pendidikan, khususnya untuk meningkatkan dan memantapkan kegiatan administrasi dan Supervisi pendidikan, maka melalui mata kuliah ini akan lebih dipahami konsep administrasi dan Supervisi pendidikan. Sebagai tenaga profesional, ilmu administrasi dan Supervisi pendidikan merupakan hal yang mutlak dimiliki para calon tenaga kependidikan dan guru dalam rangka meningkatkan efisiensi dan efektifitas serta produktivitas kerja, aktivitas dalam satu organisasi, unit kerja maupun kelompok tertentu yang diarahkan untuk mencapai suatu tujuan. Ilmu administrasi pendidikan dapat dimanfaatkan untuk mendayagunakan SDM di samping sumber daya lain agar mencapai hasil yang optimal.

Standar Kompetensi:
Mahasiswa memahami seluk beluk Ilmu Administrasi dan Supervisi Pendidikan dan mengaplikasikan dalam kegiatan administrasi dan Supervisi pendidikan.
Indikator:
1.      Mendeskripsi tujuan dan manfaat administrasi dan supervisi pendidikan.
2.      Mendeskripsikan Manajemen dan Administrasi administrasi pendidikan
3.      Menjelaskan pengertian supervisi dalam pendidikan
4.      Menjelaskan manfaat supervisi pendidikan
5.      Memahami jenis-jenis supervisi dalam pendidikan

Meteri Pokok:
1.      Manajemen dan Administrasi Pendidikan (Iin Hanifah, Riko)
2.      Administrasi Pendidikan dan Administrasi Sekolah (Sinta, Alhudori)
3.      Skope Administrasi Pendidikan & Fungsi-fungsi Pokok Administrasi Pendidikan(Nurrois, Devi)
4.      Kepemimpinan dalam Pendidikan (Heri, Mua’adzah)
5.      Pendekatan dan Model Kepemimpinan(Muslimin, Ridwan, Susi)
6.      Tipe atau Gaya Kepemimpinan
7.      Supervisi dalam Kependidikan & Fungsi-fungsi Supervisi
(Muslimin, Ridwan, Susi)
8.      Jenis-jenis Supervisi
9.      Kepala Sekolah Sebagai Administrator
10.  Kepala Sekolah Sebagai Supervisor
11.  Guru dan Administrasi Pendidikan
12.  Organisasi Sekolah


Penilaian:

1.      Keaktifan dan kehadiran  = 10 %
2.      Tugas Terstruktur              = 20 %
3.      MID                                  = 30 %
4.      UAS                                  = 40 %

Referensi:
Ngalim Purwanto, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2010)
Ahmad Rohani Abu Ahmadi. Pedoman Penyelenggaraan Administrai Pendidikan Sekolah. Bumi Aksara, Jakarta
Muh Rifa’i. Administrasi Pendidikan dan Supervisi Pendidikan. Jemmars, Bandung





No
Kompetensi Dasar
Indikator
Pengalaman Pembelajaran
Materi
Waktu
Alat, Sumber, dan Bahan
Kelompok
I
Memahami cakupan, tujuan, dan manfaat administrasi dan Supervisi pendidikan.
Setelah pembelajaran mahasiswa dapat:
-    Mendeskripsi tujuan dan manfaat administrasi dan supervisi pendidikan.
-    Mengkaji orientasi administrasi dan supervisi pendidikan.
Pengertian Administrasi dan Supervisi Pendidikan
1 x 100’
Ahmad Rohani Abu Ahmadi. Pedoman Penyelenggaraan Administrai Pendidikan Sekolah. Bumi Aksara, Jakarta.


II
Memahami Manajemen dan Administrasi administrasi pendidikan,
Mendeskripsikan Manajemen dan Administrasi administrasi pendidikan,
Membahas tentang Manajemen dan Administrasi administrasi pendidikan,
-       Manajemen dan Administrasi administrasi pendidikan.

1 x 100’
Muh Rifa’i. Administrasi Pendidikan dan Supervisi Pendidikan. Jemmars, Bandung.

III
Memahami Skop/Bidang Garapan Administrasi Pendidikan.
Mendeskripsikan Skop/Bidang Garapan Administrasi.
Membahas Skop/Bidang Garapan Administrasi Pendidikan,
-Skop/Bidang Garapan Administrasi Pendidikan,

1 x 100’
Muh Rifa’i. Administrasi Pendidikan dan Supervisi Pendidikan. Jemmars, Bandung.

IV
Memahami Kepemimpinan dalam Pendidikan, dan dimensi-dimensi kepemimpinan dalam pendidikan
Menjelaskan Kepemimpinan dalam Pendidikan, dan dimensi-dimensi kepemimpinan dalam pendidikan
Mendiskusikan Kepemimpinan dalam Pendidikan, dan dimensi-dimensi kepemimpinan dalam pendidikan
-      Pengertian kepemimpinan dalam pendidikan
-                        Dimensi-dimensi kepemimpinan dalam pendidikan

3 x 100’
Muh Rifa’i. Administrasi
Pedoman penyelenggaraan sekolah bertaraf nasional, internasional, unggulan, terpadu, akseleraasi Pendidikan dan Supervisi Pendidikan. Jemmars, Bandung.
essay
V
Memahami Gaya Kepemimpinan dan sifat-sifat kepemimpinan
Menjelaskan Gaya-gaya Kepemimpinan dan sifat-sifat kepemimpinan
Mendiskusikan Gaya-gaya Kepemimpinan dan sifat-sifat kepemimpinan
Gaya-gaya Kepemimpinan dan sifat-sifat kepemimpinan
3 x 100’
Muh Rifa’i. Administrasi Pendidikan dan Supervisi Pendidikan. Jemmars, Bandung.
Jilid I & II.
essay
VI
Memahami supervisi dalam kependidikan
Menjelaskan supervisi dalam kependidikan
Membahas supervisi dalam kependidikan
-      Pengertian supervisi
-      Fungsi-fungsi supervisi
-      Jenis supervisi
3 x 100’
Muh Rifa’i. Administrasi Pendidikan dan Supervisi Pendidikan. Jemmars, Bandung.
Jilid I & II.
essay
VII
Memahami Kepala sekolah sebagai administrator
Menjelaskan Kepala sekolah sebagai administrator
Membahas Kepala sekolah sebagai administrator
-      Membuat perencanaan
-      Menyusun organisasi sekolah
-      Bertindak sebagai koordinator dan pengarah





Referensi


Ahmad Rohani Abu Ahmadi. Pedoman Penyelenggaraan Administrai Pendidikan Sekolah. Bumi Aksara, Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar