SATUAN ACARA PENGAJARAN ( SAP )
1. Mata Kuliah : Ushul Fiqh
2. Kode Mata Kuliah :
3. Pertemuan minggu ke : 1 ( pertama )
4. Waktu pertemuan : Kuliah 2 x 50 menit
5. Pokok Bahasan : Pendahuluan
6. Standar Kompetensi : Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian Fiqh, Ushul
Fiqh, perbedaannya, serta sejarah perkembangannya
7. Sub- Pokok Bahasan
No
|
Sub- Pokok Bahasan
|
Kompetensi dasar
|
waktu
|
Media
|
1
2
3
|
Definisi Fiqh
Pengertian Ushul Fiqh
Sejarah Perkembangan Ushul Fiqh
|
Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan Fiqh
Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan Ushul Fiqh
Mahasiswa memahami dan menjelaskan Sejarah Perkembangan Ushul Fiqh
|
2 X 50 menit
|
Leptop
Lcd
|
8. Kegiatan Belajar Mengajar
N0
|
Kegiatan Dosen
|
Kegiatan Mahasiswa
|
Media
|
1
|
Pendahuluan : 1. Menjelaskan materi kuliah, 2. Menjelaskan kontrak perkuliahan selama 1 semester, 3. Menjelaskan tentang metoda dan tugas
|
Memperhatikan
Bertanya
|
Leptop
|
2
|
Penyajian : menjelaskan definisi Fiqh, Ushul Fiqh, Perbedaan serta sejarah perkembangannya.
|
Memperhatikan
Mencatat
Bertanya
|
Leptop
Lcd
|
3
|
Penutup : memberikan kesempatan mahasiswa untuk bertanya, 2. Mengingatkan tugas yang harus diselesaikan, 3. Memberi kesempatan mahasiswa untuk mengomentari materi perkuliahan
|
Memperhatikan
Bertanya
mengomentari
|
9. Tugas tersetruktur / tugas mandiri / PR :
Mahasiswa diberi tugas untuk mencari artikel tentang sejarah pertumbuhan Ushul Fiqh dari jornal / internet
10. Evaluasi :
Beberapa pertanyaan dan komentar untuk mengetahui daya serap mahasiswa
11. Daftar Pustaka :
1. Abu Zahroh : Ushul Fiqh
2. Abdul Wahab Khalaf : Ilmu Ushul Fiqh
SATUAN ACARA PENGAJARAN ( SAP )
12. Mata Kuliah : Ushul Fiqh
13. Kode Mata Kuliah :
14. Pertemuan minggu ke : II ( kedua ) dan III ( ketiga )
15. Waktu pertemuan : Kuliah 2 X 2 X 50 menit
16. Pokok Bahasan : Sumber Dalil tersepakati
17. Standar Kompetensi : Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian dalil dan
macam-macamnya.
18. Sub- Pokok Bahasan
No
|
Sub- Pokok Bahasan
|
Kompetensi dasar
|
waktu
|
Media
|
1
2
3
|
Definisi dalil
Pengertian Al-Qur’an dan kandungannya
As-Sunnah dan macam-macamnya
|
Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan pengertian dalil
Mahasiswa dapat memahami Al-Qur’an serta kandungannya
Mahasiswa memahami dan menjelaskan menjelaskan pengertian As-Sunnah dan macam-macamnya
|
2 X 50 menit
|
Leptop
Lcd
|
19. Kegiatan Belajar Mengajar
N0
|
Kegiatan Dosen
|
Kegiatan Mahasiswa
|
Media
|
1
|
Pendahuluan : 1. Mengabstraksikan materi kuliah yang akan disampaikan , 2. Meminta mahasiswa untuk mengabstraksikan kuliah lusa
|
Memperhatikan
Bertanya
Menyampaikan abstraksi
|
Leptop
|
2
|
Penyajian : menjelaskan definisi Al-Qur’an, kemu’jizatannya, kehujjahannya, kandungannya, dalalh qoth’iyah dan dhonniyah.
Menjelaskan definisi As-Sunnah, kehujjahan, hubungannya dengan Al-Qur’an, macam-macamnya, serta dalalah qoth’iyah dan dhonniyah
|
Memperhatikan
Mencatat
Bertanya
|
Leptop
Lcd
|
3
|
Penutup : memberikan kesempatan mahasiswa untuk bertanya, 2. Mengingatkan tugas yang harus diselesaikan, 3. Memberi kesempatan mahasiswa untuk mengomentari materi perkuliahan
|
Memperhatikan
Bertanya
Mengomentari
|
20. Tugas tersetruktur / tugas mandiri / PR :
Mahasiswa diberi tugas untuk mencari artikel tentang sejarah pertumbuhan Ushul Fiqh dari jornal / internet
21. Evaluasi :
Beberapa pertanyaan dan komentar untuk mengetahui daya serap mahasiswa
22. Daftar Pustaka :
1. Abu Zahroh : Ushul Fiqh
2. Abdul Wahab Khalaf : Ilmu Ushul Fiqh
3. Tajuddin Abdul Wahab : Jam’ul Jawami’
Tidak ada komentar:
Posting Komentar