Senin, 01 Februari 2016

SAP/SILABUS Masailul Fiqh I

SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)

MATA KULIAH MASAIL FIQHIYYAH
A.        Identitas
1.       Data Pribadi :
a.       Nama Dosen                             : Sumanto, M. Pd.I
b.      HP                                                 : 085266251721
c.       E-mail                                          : sumantompdi@gmail.com
d.      Blog                                              : sumantompdai.blogspot.com
2.       Mata Kuliah :
a.       Kode/ Nama MK                     : Masail Fiqhiyyah
b.      Komponen                                                : MKB (Mata Kuliah Keahlian Berkarya)
c.       Fakultas/ Prodi                        : Tarbiyah/ PAI
d.      Bobot                                          : 2 SKS
e.      Semester                                   : v
f.        Hari/ Jam/ Ruang                    :

B.        DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini akan memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk memiliki wawasan tentang masalah-masalah hukum dan hasil ijtihad dari fiqh kontemporer.

C.        KOMPETENSI MATA KULIAH
NO.
KOMPETENSI  DASAR
INDIKATOR
1.
Memahami konsep umum Masail Fiqhiyyah al-Hadisah
a)     Menjelaskan pengertian, rung lingkup, masail fiqhiyyah
b)     Menganalisis sebab-sebab terjadinya masalah
c)      Memberikan solusi terhadap permasalahan yang terjadi
2.
Memahami makna perkawinan laki-laki muslim dg non muslim
a)    Menjelaskan makna perkawinan campuran
b)   Menganalisis dampak negatif perkawinan campuran
c)    Menganalisis hukum dan solusinya
3.
Memahami konsep umum tentang KB dan kependudukan
a)    Menjelaskan pengertian KB dan kependudukan
b)   Menganalisis segi-segi positif dan negatif KB
c)    Mengkritisi program KB dan kependudukan
d)   Menjelaskan hukum KB menurut Islam
4.
Memahami konsep Abortus, Sterilisasi dan mustrual regulation
a)      Menjelaskan pengertian Abortus
b)      Menjelaskan sterilisasi dan mustrual regulation
c)       Mengkritisi dan memberi solusinya
5.
Memahami konsep monogami dan poligami
a)     Menjelaskan poligami dan monogami
b)     Mengkritisi segi positif dan negatifnya
c)      Menjelaskan syarat poligami di Indonesia
d)     Memberi solusinya
6.
Memahami konsep homoseksual dan lesbian
a)      Menjelaskan pengertian homoseksual dan lesbian
b)      Menganalisis sebab-sebab homoseksual dan lesbian
c)       Memberikan solusi terbaik bagi pelaku
d)      Menjelaskan pandangan hukum Islam
7.
Memahami konsep ttg anak angkat, anak pungut, anak hasil zina dan anak hasil inseminasi
a)    Menjelaskan pengertian anak pungut
b)   Menjelaskan pengertian anak angkat
c)    Menjelaskan pengertin anak zina
d)   Menjelaskan pengertian anak hasil inseminasi
e)   Menjelaskan pandangan Islam ttg anak tersebut
8
Memahami ttg konsep transplantasi anggota badan, transplantasi darah
a)      Menjelaskan pengertian transplantasi anggota badan
b)      Menjelaskan pengertian transplantasi darah
c)       Menjelaskan pandangan Islam tentang transplantasi tersebutt
9
Memahami tentang euthanasia dan bunuh diri
a)      Menjelaskan pengertian euthanasia dan bunuh diri
b)      Menganalisis sebab dan hukum melakukan euthanasia dan bunuh diri
c)       Menjelaskan pandangan Islam tentang euthanasia dan bunuh diri
10
Memahami tentang pergantian kelamin
a)      Menjelaskan pengertian tentang pergantian kelamin
b)      Menganalisis sebab dan tujuan melakukan hal tersebut
c)       Menjelaskan pandangan Islam tentang pergantian kelamin


11
Memahami tentang konsep wanita karir, kepemimpinan dalam rumah tangga dan masyarakat bagi wanita
a)      Menjelaskan konsep wanita karir
b)      Menganalisis kepemimpinan wanita dalam rumah tangga dan masyarakat
c)       Menjelaskan sisi positif dan sisi negatif wanita karir
d)      Menjelaskan pandangan Islam tentang wanita karir, kepemimpinan wanita dalam rumah tangga dan masyarakat

D.        MATERI DAN TIME LINE
No
Materi Mata Kuliah
Time Line
1
Pengantar Perkuliahan;
Penjelasan SAP, Silabus

2
Pengertian Masail Fiqhiyyah al-Hadisah, ruang lingkup dan tujuan mempelajarinya

3
a)     Pengertian perkawinan laki-laki muslim dg non muslim
b)    Dampak negatif dan positif perkawinan campuran
c)     Pandangan Islam tentang perkawinan campuran

4
a)      Konsep umum tentang KB dan kependudukan
b)      Dampak positif negatif program keluarga berencana
c)       Hukum KB dalam Islam

5
a)      Pengertian Abortus (Isqath Al-Haml)
b)      Macam Abortus Dan Tujuannya
c)       Pandangan Islam tentang Abortus

6
a)       Konsep monogami dan poligami
b)      Tujuan pernikahan poligami
c)       Sisi positif-negatif pernikahan poligami dan monogami
d)      Pandangan Islam tentang monogami dan poligami

7
UTS

8
a)      Pengertian dan Konsep homoseksual dan lesbian
b)      Sebab perilaku homoseksual dan lesbian di masyarakat
c)       Pandangan agama tentang keduanya dan solusinya

9
a)      Pengertian dan konsep ttg anak angkat, anak pungut, anak hasil zina dan anak hasil inseminasi
b)      Status anak angkat, anak pungut, anak hasil zina dan anak hasil inseminasi
c)       Pandangan Islam tentang anak tersebut

10
a)      Pengertian ttg konsep transplantasi anggota badan, transplantasi darah
b)      Pandangan Islam tentang transplantasi

11
a)      Pengertian tentang euthanasia dan bunuh diri
b)      Analisis sebab dan tujuan euthanasia, dan bunh diri
c)       Pandangan Islam tentang euthanasia dan bunuh diri

12
a)      Pengertian tentang pergantian kelamin
b)      Analisis sebab dan tujuan
c)       Pandangan Islam tentang pergantian kelamin

13
a)      Pengertian tentang konsep wanita karir,
b)      Konsep kepemimpinan dalam rumah tangga dan masyarakat bagi wanita
c)       Pandangan Islam tentang wanita karir dan kepemimpinan wanita dalam rumah tangga dan masyarakat

14
UJIAN AKHIR SEMESTER


E.         STRATEGI/ METODE PEMBELAJARAN

Strategi Pembelajaran dalam perkuliahan ini adalah pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Mahasiswa diharapkan ikut aktif dalam perkuliahan agar Kompetensi perkuliahan dapat tercapai secara maksimal. Kerjasama yang sinergis antara mahasiswa dengan mahasiswa, mahasiswa dengan dosen akan sangat membantu dalam mencapai tujuan perkuliahan.
Setiap mahasiswa berkewajiban untuk ikut ambil bagian peran di dalam kelas, dan menjadikan kelas sebagai milik bersama. Tidak ada dominasi mahasiswa atau dosen, semua akan belajar bersama untuk menciptakan kelas yang kondusif dalam pembelajaran.
Di akhir perkuliahan akan selalu dilakukan refleksi guna memperbaiki kualitas belajar mahasiswa; sehingga akan diketahui tingkat keberhasilan dari proses pembelajaran. Metode dalam penyampaian materi kuliah, antara lain: Lecturing, Tanya jawab, presentasi makalah, PBL, dan active learning

F.         EVALUASI
Keberhasilan pembelajaran mahasiswa akan dinilai melalui berbagai jenis penilaian sebagai berikut:
Aspek Penilaian
Persentase
Ujian Akhir Semester
40 %
Ujian Tengah Semester
20 %                                                    
Tugas Mandiri
30 %
Presensi, Partisipasi
10 %
               
                Rumus Nilai Akhir Mata kuliah,       NA =(10 P + 20 UTS + 30 T + 40 UAS)
                                                                                                                      100

G.       LITERATUR
1.       Abdurrahman Isa, Masailul Fiqhiyyah al-Haditsah wa al-ahkamuh
2.       Masyfuq Zuhdi, Masailul Fiqhiyyah
3.       H. Mahjuddin, Masailul Fiqhiyyah; Berbagai kasus yang dihadapi “Hukum Islam” Masa kini
4.       Sayyid Sabiq, Fiqh al-Sunnah
5.       Yusuf al-Qardhawi, Fatawa Muashirah
6.       Huzaimah Tahido Yanggo, Masail Fiqhiyyah




Jambi,   September 2015
Mengetahui


Ketua Program

Dosen Pengampu









Sumanto, M. Pd.I



Tidak ada komentar:

Posting Komentar