Senin, 01 Februari 2016

SILABUS Studi Qur'an

SILABUS
MATA KULIAH STUDI QUR’AN

Mata kuliah                 : Studi Qur’an
Prodi                           : PAI
Bobot                          : 2 sks
Semester                      : I
Dosen pengampu        : Sumanto, M.PdI
HP                               : 0852 6625 1721
I.Diskripsi Mata Kuliah
Al-Qur’an merupakan kitab suci umat Islam yang berfungsi sebagai petunjuk bagi manusia dalam mengarahkan kehidupannya. Secara garis besar al-Qur’an mengandung ajaran tentang aqidah, syariah, dan akhlak. Untuk dapat mengenal, memahami, dan menafsirkan  al-Qur’an tidak hanya berbekal pengetahuan bahasa Arab, melainkan dibutuhkan berbagai macam ilmu guna untuk mengungkap makna yang terkandung dalam al-Qur’an. Maka disinilah, studi qur’an sebagai pisau bedah untuk membedah isi al Qur’an yang selalu dibaca dan ditafsirkan para pelaku disiplin ilmu menurut tingkat budaya dan wewenang doktrinal. Dengan Ulumul Qur’an bisa diketahui rambu-rambu bagi para pengkaji dan penyelidik al Quran berkenaan dengan status linguistik, histories, antropologis, teologis, filosofis dan sebagainya.
II.Tujuan
Membekali mahasiswa untuk mempunyai wawasan tentang teori, konsep, dan prinsip-prinsip dalam ulumul Qur’an guna memahami dan mendalami kandungan al-Qur’an sehingga mereka dapat menalar suatu renesains intelektual dari kandungan al Qur’an
III.Pokok dan Sub Bahasan
1.Studi Qur’an sejarah dan perkembanganya
a.Pengertian objek, metode dan orientasi pijakan Studi Qur’an
b.Ruang lingkup pembahasan dan cabang-cabangnya
c.Studi Qur’an pada masa nabi, sahabat dan tabi’in
d.studi Qur’an pada masa tabi’ al tabi’in sampai masa modern
2. Sejarah Turun dan Penulisan Al-qur’an
a. Pengertian Al-Qur’an
b. Hikmah diwahyukan Al-Qur’an Secara Berangsur-angsur
c. Pengumpulan Al-Qur’an (Jam’ Al-Qur’an)
d. Rasm Al-Qur’an

3. Asbab An-Nuzul
a. Pengertian Asbab An-Nuzul
b. Urgensi dan Kegunaan Asbab An-Nuzul
c. Cara Mengetahui Asbab An-Nuzul
d. Macam-macam Asbab An-Nuzul
4.Nuzulul Qur’an
a.Pengertian Nuzulul Qur’an
b.Tahap-tahap turunya al qur’an
c.Waktu turunnya al Qur’an dan periodesasi
5.Makkiyah dan Madaniyah
a.Pengertian Makki dan Madani
b.Tanda-tanda surat Makiyah dan Madaniyah
c.Macam-macam surat Makiyah dan Madaniyah serta dasarnya



6.Muhkam Dan Mutasyabihat
a.Pengertian Muhkam dan Mutasyabihat
b.Sebab adanya
c.Macam-macam dan urgensiya
d.Perbedaan pendapat para ulama
7.Nasikh Wal Mansukh
a.Pengertian nasakh, nasikh dan manshuk
b.Persamaan dan perbedaan nasakh dan takhsis
c.Cara mengetahui adanya nasakh dan urgensinya
d.Pendapat ulama tentang nasakh serta hikmah-nya
e.Macam-macam nasakh dan jenis-jenisnya
8.Munasabah al Quran
a.Pengertian dan macam-macamnya
b.Sebab-sebab timbulnya ilmu munasabah
c.Metode memahami dan urgensi mempelajarinya
d.Kitab-kitab tentang munasabah
9.Qira’ah
a.Pengertian qira’ah dan sejarahnya
b.Syarat-syarat diterimanya qira’ah
c.Macam-macam qira’atil qur’an
d.Pendapat ulama tentang qira’ah serta faedahnya
10.Fawatih al Suwari
a.Pengertian
b.Macam-macam dan hikmahnya
c.Perbedaan pendapat para ulama tentang fawatih suwari
11.I’jazil Qur’an
a.Pengertian
b.Segi-segi kemu’jizatan
c.Peranan mu’jizat
d.Tahapan dan kadar mu’jizat
12.Qashshashil Qur’an
a.Pengertian
b.Macam-macam Qashshasil qur’an
c.Faedah qashshashil qur’an
13.Israiliyat
a.Pengertian Israiliyat
b.Israiliyat dalam tafsir
c.Macam-macam israiliyat
d.Pendapat ulama tentang Israiliyat
14.Aqsamil Qur’an
a.Pengertian aqsamil qur’an dan rukun-rukunnya
b.Macam-macam aqsamil qur’an
c.Sighat-sighat aqsamil qur’an
d.Tujuan dan faedah qasam
Metode
  1. Pertemuan pertama metode yang digunakan adalah metode ceramah dan tanya jawab. Dosen memberikan orientasi, motivasi dan aturan-aturan perkuliahan.
  2. Pertemuan kedua dan seterusnya, pendekatan yang digunakan adalah diskusi dengan menggunakan makalah, dosen membagi mahasiswa menjadi beberapa kelompok untuk mendiskusikan topik yang telah ditentukan dalam silabus.

Penilaian
  • Kehadiran dalam tatap muka di kelas dan
  • Partisipasi aktif kegiatan dalam kelas                         15 %
  • Pembuatan tugas mandiri dan kelompok                     20 %
  • Ujian Mid Semester dan                                             30 %
  • Ujian Semester                                                         35 %
100 %
Daftar Referensi
Prof. Dr. Abdul Djalal, M.A, Ulumul Qur’an, Surabaya Dunia Ilmu, 1998.
Ramli Abd. Wahid, Ulumul Qur’an, 1994.
M. Hasbi Ash-Shiddieqy, Ilmu-Ilmu Al-Qur’an: Media-Media Pokok Dalam Menafsirkan Al-Qur’an, 1993.
Manna Khalil al-Qattan, Studi Ilmu-Ilmu al-Qur’an, Bogor Pustaka Litera Antar Nusa, 2006.
Subsi al Shalih, Mabahis Fi Ulum al Qur’an, Dar al Ilm al Mlayin Beirut 1997.
Muhammad Chirzin, Al-Qur’an dan Ulumul Qur’an, 1998.
Subhi as-Shalih, Membahas Ilmu-Ilmu al-Qur’an, 1999.
Jamaluddin as-Syuyuti, al-Itqan fi Ulumil Qur’an I, 1988.
Badruddin Muhammad bin Abdullah az-Zarkasyi, al-Burhan fi Ulumil Qur’an I, 1988.
An-Naisaburi, Asbabun Nuzul, 1991.
Muhammad Abu Zahra, al-Mu’jizatul Qubra al-Qur’an, Darul Fikri, Araby, Cairo.
Abu Amer, Ad Dany, At-Tafsir Fil Qira’atil Sab’i, Ad Daula, Istambul tth.
Ahmad Hasymy, tt. Jawahirul Balaghoh.
Abd Qodir Al-Jurjany, Dalaailul I’jaz, Muktabatul Qahirah, Cairo.1980.
Al-Wahidy, Asbabun Nuzul, Babil Halabi, Cairo. 1968.
Fathi Ahmad, Wujuhul I’jaz fil Qur’an, Jumhuriyyah, Cairo, 1975.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar