SAP Fiqih II PAI
SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
STITAD JAMBI TAHUN 2014
Mata Kuliah/Kode
MK : Fiqih II
Semester/SKS
: III/2 SKS
Prodi :
Pendidikan Agama Islam/PAI
Dosen :
Sumanto, M. Pd. I
1.
Diskripsi Mata Kuliah/ silabus
Mata
kuliah fiqih dalam hal ini ditekankan pada masalah-masalah yang berkaitan
dengan muammalah, masalah kontemporer, dan permasalahan dalam hukum islam
2.
Tujuan Perkuliahan
a.
Agar mahasiswa memahami agama islam
dengan pendekatan fiqih
b.
Agar mahasiswa memiliki kopetensi
fiqih, sebagai bekal mereka
c.
Agar mahasiswa mampu mengamalkan islam
sesuai dengan petunjuk as Sunnah as Shohihah
d.
Agar mahasiswa mampu mengaplikasikan
fiqih dalams kehidupan.
No
|
Pertemuan
|
Pokok Bahasan/Sub Pokok Bahasan
|
1
|
I
|
Kontrak Kuliah: Tata tertib dan Motivasi Belajar Fiqih
II
|
2
|
II
|
Fiqih:
Antara Formalistik fiqih dan Tujuan Fiqih, upaya dalam membangun karakter
Ummat
|
3
|
III
|
Kurban dan Aqiqah: Hukum, Kaifiyat dan Hikmahnya dalam
membangun Karakter
|
4
|
IV
|
Jihad: Hukum dan Hikmahnya dalam menegakan islam
|
5
|
V
|
Muammalah,
Jual beli: Hukum dan Kaifiyahnya dalam membangun ekonomi ummat
|
6
|
VI
|
Riba’
dan ruang lingkupnya serta hikmah dalam pelaranganya.
|
7
|
VII
|
Perbankan Islam dan Masalahnya: Solusi pemberdayaan
Ekonomi Islam
|
8
|
VIII
|
Mid Semester
|
9
|
IX
|
Nikah dan Ruang Lingkupnya dalam Membangun Keluarga
yang Bermartabat
|
10
|
X
|
Talaq : al-ternatif penyelesaian masalah keluarga
|
11
|
XII
|
Warisan
dan Hukum nya serta hikmahnya dalam menegakan keadilan
|
12
|
XIII
|
Sumpah
dan Nadzar : Syari’at pembangun komitmen hidup
|
13
|
XIV
|
Jinayah: Hukum Kriminalitas dalam Islam (antara peluang
dan tantangan)
|
14
|
XV
|
Hudud
dan hukumnya: wacana dan aplikasi
|
15
|
XVI
|
Ujian Akhir Semester
|
Referensi:
Al-Qur’anul
Karim\
Minhajul
Muslim/Ensiklopedia Muslim: Abu Bakar al-Jazairi
Fiqih Sunnah :
Sayid Sabiq
Fikih Islam wa
adillatuhu : Wahbah Zuhaili
Buku-buku
Filsafat Hukum Islam : Hasbi As-shidiqi
Fiqih Praktis:
Muhammad Bagir al-Habsyi
Kriteria Penilaian
Kriteria penilaian
mencakup komponen-komponen:
tugas-tugas dan ujian-ujian; yang
terklasifikasikan sebagai berikut:
a. Nilai
UAS :
40%
b. Nilai
UTS
: 30%
c. Nilai
Tugas/Quis : 30%
Tidak ada komentar:
Posting Komentar